Peningkatan Layanan Perpustakaan Melalui Teknologi RFID

  • Sely Yoanda Institut Pertanian Bogor

Abstract

Permasalahan yang sering dihadapi oleh perpustakaan pada umumnya adalah belum optimalnya layanan perpustakaan yang diberikan dan belum optimalnya kinerja sumber daya manusia di perpustakaan. Layanan perpustakaan merupakan ujung tombak perpustakaan, karena layanan perpustakaan berkaitan langsung dengan pengguna perpustakaan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan layanan perpustakaan dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi adalah dengan menggunakan teknologi Radio Frequency Identification (RFID). Dengan adanya teknologi RFID, pengguna dapat melakukan self-service yaitu layanan mandiri. Keuntungan melakukan layanan mandiri ini yaitu dapat mempercepat proses sirkulasi peminjaman dan pengembalian, sehingga waktu yang diperlukan efisien. Kemudahan dari implementasi RFID ini perlu memperhatikan pengguna dimana pemanfaatan RFID ini nanti sepenuhnya akan dimanfaatkan oleh pengguna. Oleh karena itu, pengguna perlu diberi pemahaman yang cukup agar proses otomasi di perpustakaan dengan teknologi RFID dapat dilakukan dengan benar.

 

Kata Kunci: Layanan Perpustakaan, Layanan Sirkulasi, Radio Frequency Identification (RFID)

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-29
How to Cite
Yoanda, S. (2019). Peningkatan Layanan Perpustakaan Melalui Teknologi RFID. Jurnal Pustakawan Indonesia, 16(2). Retrieved from https://jma.journal.ipb.ac.id/index.php/jpi/article/view/27313