PENGEMBANGAN KOMODITAS EKSPOR IKAN HIAS AIR TAWAR DAN KAITANNYA DENGAN PEMBANGUNAN EKONOMI DI KABUPATEN BOGOR

Hesty Dharmanita Wianggawati, Muhammad Firdaus, Anna Fariyanti

Abstract


Potensi ekspor ikan hias air tawar Kabupaten (Kab) Bogor sangat besar. Hal ini terlihat dari data ekspor ikan hias Kab Bogor yang terus meningkat. Namun kalangan pembudidaya ikan hias justru merasa diabaikan. Permintaanikan hias kualitas ekspor terus meningkat, supply tidak mampu memenuhi karena keterbatasan modal. Kendala lain adalah terjadinyatidak sesuainya permintaan jenis ikan ekspor dengan ketersediaan produksi ikan tersebut, sehingga pembeli mencari diluar Kabupaten Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kaitan program pengembangan perikanan Kab Bogor dengan pembangunan ekonomi di Kab Bogor, menganalisis faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam pengembangan komoditas ekspor ikan hias air tawar di Kab Bogor, kemudian menyusun alternatif strategi pengembangan, dan memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Daerah Kab Bogor tentang prioritas strategi yang dapat digunakan dalam rangka pengembangan komoditas ekspor ikan hias air tawar di Kab Bogor. Hasil penelitian menjelaskan bahwa meskipun ikan hias air tawar telah ditetapkan sebagai komoditas unggulan di Kab Bogor dan merupakan kontibutor volume ekspor nasional ikan hias air tawar, namun kebijakan Pemda Kab Bogor dalam pengembangan ikan hias belum optimal. Analisis regresi linear dengan model CobbDouglass, menghasilkan faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi perbandingan antara jumlah ekspor ikan hias dengan produksi ikan hias di Kab Bogor adalah 1) jumlah eksportir ikan hias,2) jumlah pembudidaya dan 3) harga ekspor ikan hias. Sementara itu, faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi PDRB Kab Bogor adalah nilai ekspor ikan hias Kab Bogor dan jumlah eksportir ikan hias di Kab Bogor.Analisis SWOT menghasilkan 7 strategi pengembangan yang berdasarkan Total Attractiveness Score (TAS) QSPM dengan urutan prioritasnya adalah: (I) Pemantapan kelembagaan dalam rangka integrasi pengelolaan pengembangan komoditas ekspor ikan hias air tawar Kab Bogor; (II) Pendidikan dan Pelatihan ekspor ikan hias air tawar; (III)Regional Branding dan Promosi; (IV) Pemetaan Potensi dan Jaringan Distribusi Pemasaran Ikan Hias Air Tawar Kab Bogor; (V) Fasilitasi Pengembangan UKM Ikan Hias; (VI )Riset Inovasi Budidaya Ikan Hias Air Tawar; dan (V II) Penerapan teknologi produksi dan pakan dengan prioritas utama ikan hias yang menjadi unggulan dan ikon Kabupaten Bogor.

Kata Kunci : Ikan Hias Air Tawar, Strategi Pengembangan, Komoditas Ekspor.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, L, 1999, Pengantar Pembangunan Ekonomi Daerah, BPFE, Yogyakarta

Dinas Peternakan dan Perikanan Kab Bogor.

Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kab Bogor.

Dahuri, Rokhmin. 2013, Strategi Pengembangan Ekspor Ikan Hias Air Tawar Secara Produktif, Adil, Dan Berkelanjutan Untuk Kemajuan Dan Kesejahteraan Masyarakat Kab Bogor, Diskopukmperindag, Bogor.

DJPEN, 2012, “Penyebaran informasi Pasar Ikan Hias Air Tawar di Mancanegara”, Kemendag RI, Jakarta.

Ling K H and Lim L Y ,2005,The Status Of Ornamental Fish Industry In Singapore,Singapore J Pri Ind 32: 59-69 2005/06, Aquaculture Services Centre, 17km Sembawang Road, Singapore 769194, Singapore.

Maarif, M.Eng, M. Syamsul, Dr. Ir. 1999, “Kajian Strategi Pengembangan Ikan Hias Dalam Menunjang Ekspor” (Kasus DKI Jakarta) , ACRIMEDIA - VOLUME 5, No 2, Jakarta.

Maarif, M.Eng, M. Syamsul , Dr. Ir. 2013, Strategi Pengembangan Komoditas Ekspor Ikan Hias Air Tawar Di Kab Bogor, Diskopukmperindag, Bogor.




DOI: https://doi.org/10.29244/jurnal%20mpd.6.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.