PUBLICATION ETHIC

Sebuah publikasi memiliki aturan-aturan etika dan norma yang wajib dipatuhi oleh author/penulis yang akan mempublikasikan karya ilmiahnya dalam media publikasi. Berikut beberapa aturan-aturan Publikasi dalam Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan:

1. Aturan untuk penulis

  • Artikel yang dipublikasikan dalam Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan bebas dari plagiarisme, artinya jurnal yang dipublikasikan adalah asli (orsinil) hasil penelitian, gagasan atau pemikiran penulis tanpa adanya manipulasi data. Di dalam Naskah harus dimasukkan sumber kutipan secara jelas apabila mengutip data dari sumber lain.
  • Artikel yang dipublikasikan harus sesuai dengan ruang lingkup yang dibahas dalam Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan.
  • Artikel yang dipublikasikan tidak menimbulkan benturan dengan pihak-pihak tertentu atau merugikan orang lian.
  • Artikel yang dipublikasikan di Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan tidak sedang atau telah dipublikasikan di Jurnal atau sarana publikasi lain, Jika naskah yang dikirimkan sebelumnya pernah dikirim ke jurnal lain tapi belum dipublikasikan, penulis harus menyertakan surat keterangan pencabutan naskah dari jurnal sebelumnya.

2.  Aturan untuk Editor

 

  • Editor memastikan bahwa proses penyuntingan naskah dilakukan murni dengan pertimbangan nilai dan konsep yang sesuai dengan Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan
  • Proses penyuntingan naskah dilakukan secara transparan. Keputusan tim pengelola Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan untuk menerima, menolak atau mengembalikan naskah untuk diperbaiki oleh penulis dilakukan dengan alasan yang jelas. Editor harus menjamin bahwa penulis mendapatkan haknya untuk diberikan informasi secara terbuka mengenai status naskah tulisannya, proses dan alasan sebuah tulisan diterima, ditolak atau diperbaiki.
  • Editor harus memastikan adanya panduan penulisan bagi penulis yang bisa diakses secara mudah baik cetak ataupun elektronik.
  • Editor memastikan bahwa keputusan dalam menyunting suatu naskah termasuk memutuskan menerima atau menolak naskah, didasarkan pada murni pertimbangan profesionalisme, tanpa membedakan jenis kelamin, latar belakang agama, suku, afiliasi politik dan sebagainya. Jika naskah harus dipilih (diseleksi) karena pertimbangan alokasi halaman jurnal yang terbatas, pilihan naskah didasarkan pada pertimbangan yang objektif terkait mutu tulisan.
  • Editor harus memberi tahu penulis jika naskah tidak bisa diterbitkan oleh tim pengelola Jurnal Antikorupsi Integritas. Editor tidak menggunakan data atau tulisan yang tidak dimuat tersebut untuk keperluan lain tanpa sepengetahuan dan izin penulis.