Editorial Policies

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

 

              PROSES PENENTUAN DAN PENERBITAN NASKAH

  1. Penentuan layak tidaknya naskah yang akan dipublikasikan, ditentukan oleh Dewan Penyunting Ahli JURNAL EKONOMI DAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN.
  2. Naskah yang ditelaah adalah naskah yang memenuhi aturan penulisan JURNAL EKONOMI DAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN.
  3. Penulis berkewajiban memperbaiki naskah sesuai saran dari penelaah.
  4. Hak cipta naskah yang dimuat milik JURNAL EKONOMI DAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN.
  5. Proses penelaahan naskah mulai dari pengajuan hingga penerbitan naskah seperti alur berikut

                                         
Catatan:
  • Naskah masuk dari penulis diterima oleh Penyunting Pelaksana. Naskah yang belum memenuhi standar JURNAL EKONOMI DAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN, dengan kriteria:
            -pemodelan dan analisis statistik
            -pustaka
            -aturan penulisan
            -jumlah halaman
 
    pada tahap ini akan dicek tingkat plagiarisme naskah apabila presentase plagiarisme mencapai 25%    maka naskah dinyatakan tidak lolos sehingga langsung dikembalikan kepada penulis, sedangkan naskah yang lolos tahap penyaringan pada Penyunting Pelaksana akan langsung ditelaah oleh Dewan Penyunting Ahli untuk dinilai layak atau tidaknya diterbitkan di JURNAL EKONOMI DAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN,
  • Naskah hasil perbaikan penulis berdasarkan hasil penelaahan Mitra Bestari akan diperiksa oleh Penyunting Ahli JURNAL EKONOMI DAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN berdasarkan kompetensi masing-masing. Persetujuan penerbitan naskah dilakukan berdasarkan pertimbangan Penyunting Ahli dan kualitas hasil perbaikan penulis sesuai  saran dari kedua penelaah. Apabila naskah tersebut belum memenuhi kedua kriteria di atas, naskah akan ditolak. 
  • Naskah yang diterima atau hanya memerlukan perbaikan penulisan ringan akan masuk tahap  editing dan selanjutnya akan diterbitkan surat keterangan penerbitan naskah, sedangkan naskah yang ditolak akan dikembalikan kepada penulis, berdasarkan pertimbangan Penyunting Ahli dan kualitas hasil perbaikan penulis sesuai  saran dari kedua penelaah. Apabila naskah tersebut belum memenuhi kedua kriteria di atas, naskah akan ditolak.

 

Publication Frequency

Jurnal Ekonomi dan Pembangunan is published two times a year: July and December. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan publishes about 10 articles each year (consists of at least 5 articles each edition)

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...