KEPUASAN KERJA GENERASI X DAN GENERASI Y TERHADAP KOMITMEN KERJA DI BANK MANDIRI PALEMBANG

  • Dwi Oktariani Chandra Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor
  • Aida Vitayala S Hubeis Departemen Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor
  • Dadang Sukandar Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor

Abstract

The great number of Y generation who desires flexible working hours, demands creativity and give them the opportunity to posses the impact to the company is the current phenomena . This is the challenge for the older generation to survive in this era of high-tic globalization.  The objectives of the research are to define the working expectation characteristic and to analyze the characteristic features of the X and Y generation to find out the working satisfaction dominant aspect in the company.  The method used in this research is multiple linear regressions.  The result shows that the numbers of respondent variable from both generations have different individual characters therefore the level of satisfaction for each generation also differs in terms of age, gender, salary, and length of working time.  The X generation is more committed in working compared to Y generation.  The employees’ work satisfaction shows the feeling and attitude towards working.  Therefore the company could observe and fulfill the employees’ expectation in many aspects based on the advantages and disadvantages for both generations.  By understanding this, in a long term the employees’ working satisfaction can be maximized.  

Keywords:     X Generation, Y generation, working satisfaction, working commitment, multiple linear regressions

ABSTRAK

Fenomena yang terjadi saat ini adalah banyak dari pekerja yang termasuk dalam generasi Y menginginkan jadwal kerja yang fleksibel, menuntut kreativitas, dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk memiliki dampak bagi perusahaan itu sendiri. Itulah yang menjadi tantangan bagi generasi yang lebih tua untuk tetap bertahan di era global yang serba canggih saat ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan karakteristik dalam ekspektasi bekerja dari generasi X dan generasi Y di Indonesia dan menganalisis ciri-ciri dari generasi X danY dalam melihat apa yang menjadi hal dominan terhadap kepuasan kerja dari kedua generasi tersebut dalam suatu perusahaan. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil menunjukkan bahwa variabel jumlah responden dari kedua generasi memiliki karakteristik individu yang berbeda sehingga tingkat kepuasan kerja masing-masing generasi berbeda baik dari segi usia, jenis kelamin, gaji dan lama bekerja. Dilihat dari hasil olah data generasi yang memiliki komitmen kerja lebih tinggi antara generasi X dan Y adalah generasi X. Kepuasan kerja karyawan dapat diartikan sebagai evaluasi yang menggambarkan seseorang atas perasaan sikapnya dalam bekerja. Sehingga dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari tiap Generasi yang berbeda dapat menjadi ukuran sampai seberapa jauh perusahaan dapat melihat dan memenui harapan karyawan yang berkaitan dengan berbagai aspek dalam pekerjaan. Dengan mengetahui hal tersebut dapat membantu memaksimalkan kepuasan kerja karyawan dalam jangka panjang.

Kata kunci: generasi X , generasi Y, kepuasan kerja, komitmen kerja, regresi linear berganda

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-01-25
How to Cite
Chandra, D. O., Hubeis, A. V. S., & Sukandar, D. (2017). KEPUASAN KERJA GENERASI X DAN GENERASI Y TERHADAP KOMITMEN KERJA DI BANK MANDIRI PALEMBANG. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 3(1), 12. https://doi.org/10.17358/jabm.3.1.12