AEVI-14 Investigasi Outbreak Penyakit Jembrana Di Desa Hang Tuah, Kecamatan Perhentian Raja, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau Tahun 2017

  • . Guswadi
  • D K Nurgoho

Abstract

Penyakit Jembrana di Provinsi Riau pertama kali terdeteksi pada tahun 2013 dan sampai akhir tahun 2016 penyakit ini telah menyebar di seluruh kabupaten yang ada di Provinsi Riau. Penyakit Jembrana merupakan penyakit viral yang bersifat menular pada sapi Bali, ditandai dengan demam tinggi , peradangan selaput lendir mulut (stomatitis), pembesaran kelenjar limfe preskapularis, prefemoralis dan parotid, terkadang disertai keringat darah (blood sweating),mencret sering disertai darah dalam tinja terjadi pada beberapa hari setelah hewan demam dan atau menjelang kematian.,. Kerugian ekonomi yang diakibatkan penyakit Jembrana cukup bisa mencapai 100% dan dapat mempengaruhi lalu lintas ternak antar pulau.

Penyakit Jembrana disebabkan oleh Retrovirus anggota group Lentivirus yang unik dan disebut Jembrana Disease Virus (JDV). Penyakit Jembrana menyerang sistem kekebalan tubuh. Penularan secara mekanisĀ  dapat terjadi melalui insekta penghisap darah, seperti lalat Tabanus rubidus. Secara eksperimental, penyakit Jembrana dapat ditularkan melalui oral, lubang hidung, konjungtiva mata dan semen. Diagnosa banding untuk penyakit ini adalah Diare Ganas pada sapi (Bovine Viral Diarhea/BVD), penyakit Ngorok (Septicemia epizooticae/SE) dan enyakit Ingus (Malignant Catarrhal Fever/MCF). Pemeriksaan laboratoris, sangat diperlukan untuk membedakan penyakit-penyakit tersebut.

Kegiatan penyidikan penyakit yang diduga terinfeksi penyakit jembrana di Desa Hang Tuah, Kecamatan Perhentian Raja, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau ini dilakukan dalam rangka investigasi lapangan berdasarkan laporan Peternak (Bapak Sarniman)

Tujuan kegiatan adalah melakukan penyidikan kejadian kematian sapi, pengumpulan data epidemiologis dan mengetahui sebab, faktor resiko dan pola penyebaran penyakit dan memberikan saran tindakan pencegahan serta pengendalian penyakit yang menyebabkan kematian sapi yang diduga disebabkan oleh penyakit Jembrana di Desa Hang Tuah, Kecamatan Perhentian Raja, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau pada bulan Desember 2017.

Published
2018-10-29
Section
Indonesian Veterinary Epidemiology Association