Kata Pengantar

Kata Pengantar (E-Jurnal Agro-Industri Indonesia)

Abstract


Para Pembaca yang Budiman

Salam dan selamat menikmati edisi baru kami pada e-Jurnal Agro-Industri Indonesia (e-JAII) ini.  Pada edisi ini memuat sejumlah paper yang telah melewati proses review dan perbaikan dari sisi substansi dan format penyajian.  Dengan berjalannya waktu kami menargetkan untuk bisa menjadikan eJAII sebagai media rujukan komunikasi untuk mengekpose perkembangan hasil riset bidang teknologi industri pertanian secara luas.

Sebagaimana komitmen kami untuk menunjukkan progress riset dan hasilnya pada bidang agroindustry dari tiga sisi mainstream riset,  edisi ini telah merangkum secara proporsional dengan paper awal menyajikan  kajian yang menarik tentang Pembuatan Biofilm Selulosa Asetat dari Selulosa Mikrobial Nata de Cassava oleh tim yang dipimpin Prof. Khaswar Syamsu.  Bidang riset sejenis pada kajian teknik proses dan bioproses juga diwakili oleh tulisan tim Prof Djumali.  Pada bidang kajian sistem dan teknik sistem membahas isu menarik dari bidang pemasaran, inovas dan startup teknopreneur oleh tim dari bagian Bisnis dan Aplikasi Industri (BAI) Departement Teknologi Industri Pertanian, IPB, yang diwakili oleh paper tulisan tim Prof Sukardi, Dr Aji Hermawan dan tim Lien Herlina, MSc.   Keterwakilan bidang kajian Teknik dan Manajemen Lingkungan Industri dibahas melalui paper berjudul Stabilisasi Sludge dari Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Menggunakan Starter Bakteri Indigenous pada Aerobic Sludge Digester yang merupakan kolaborasi Dr. Titi Candra dan Prof. Suprihatin.

Kami merasa beruntung bisa menyajikan ramuan paper yang berasal dari tulisan para periset handal dan menyampaikan terimakasih banyak atas waktu dan tenaga yang dicurahkan oleh semua anggota tim reviewer dan terutama tim editor teknis yang memungkinkan edisi ini kami sajikan ke hadapan para pembaca yang budiman.  Akhirnya terimakasih banyak juga kami sampaikan pada semua pihak yang telah mendukung operasional proses penerbitan eJAII.

Ketua Editor Pelaksana

 

Dr. Eng. Taufik Djatna

Full Text:

PDF