Kata Pengantar

Dewan Editor (E-Jurnal Agro-Industri Indonesia)

Abstract


Kata Pengantar 

Kemajuan penelitian di bidang agro-industri  secara umum berada dalam tiga domain bidang keilmuan, yaitu teknik sistem industri, teknik proses dan bioproses serta teknik dan manajemen lingkungan industri.  Ketiga bidang bahasan ini diharapkan menyediakan keuntungan lebih bagi semua pihak terkait (stakeholders).   Pada penerbitan ke dua ini e-JAII  menyajikan 9 artikel yang telah melalui proses lengkap penyaringan baku jurnal ilmiah bereview.  Kesembilan artikel ini  mewakili   domain keilmuan yang menjadi ciri konsep agro-industri sejak lebih dari 30 tahun lalu di Institut Pertanian Bogor.

Cakupan yang cukup luas pada terbitan kali ini dimulai dengan paper tentang optimasi produksi biodiesel.  Pembahasan bio energi menjadi salah satu trend yang banyak dibahas dalam bidang agro-industri sebagaimana juga kekhasan bahasan agro-industri dari sisi kultural juga dapat diikuti pada paper kedua  tentang pemodelan pemilihan teknologi tepat guna, kali ini berasal dari luar IPB, yaitu dari Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Satu paper unik tentangbahan pengemasan juga disertakan dalam kompilasi e-JAII ini.  Selanjutnya dua paper tentang CRM dan strategi penguatan layanan konsumen dapat diikuti dengan perhitungan dan hasil yang menarik untuk diikuti. Sebagai penutup dua paper tentang pengolahan limbah industri  dan penggunaan mikroba dalam usaha mengembangkan kertas dari bahan alternatif. .

Mengingat frekuensi penerbitan yang relatif pendek, ke depan kami harapkan lebih banyak paper yang bisa kami terima untuk direview dan diterbitkan.  Atas nama dewan redaksi, kami menyampai terimkasih banyak pada semua anggota tim redaksi atas waktu, kerja sama, kesungguhan  dan semangat hingga terbitan kedua ini dapat terlaksana.